Featured on Kompas.id: Kertas Ramah Lingkungan dari Air Kelapa

Selasa, 7 Maret 2023 – Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian IPB University, Prof Khaswar Syamsu, mengembangkan inovasi kertas ramah lingkungan berbahan baku selulosa mikrobial. Dikutip dari artikel Kompas.id oleh Pradipta Pandu Mustika berjudul Kertas Ramah Lingkungan dari Air Kelapa, kertas dengan bahan baku air kelapa ini tidak mengalami proses delignifikasi dan pemutihan, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kertas berbahan dasar kayu.

Inovasi ini diharapkan dapat terus dikembangkan hingga tahap industrialisasi. Selain bersaing jika dilihat dari segi produktivitas serta memiliki kelebihan pada aspek kekuatan tarikan atau sobekan yang lebih baik dibandingkan dengan kertas yang terbuat dari kayu, pengembangan inovasi ini juga membuka peluang bagi industri kecil dan menengah untuk menyediakan bahan baku limbah air kelapa, tapioka, dan tahu agar dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang berguna.

Baca artikel lengkapnya melalui tautan berikut:

https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/03/05/kertas-ramah-lingkungan-dari-selulosa-mikrobial?utm_source=kompasid&utm_medium=whatsapp_shared&utm_content=sosmed&utm_campaign=sharinglink

Related Posts

Leave a Replay

Recent Posts

Follow Us

Play Video