Talk Show Mental Health Fateta, Mental Resilience: Kelola Stress Dengan Cerdas

Sabtu, 23 September 2023 – Konselor Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB dan BEM Fateta IPB menyelenggarakan talk show Mental Health bertemakan Mental Resilience: Kelola Stress Dengan Cerdas. Narasumber ialah Ibu Bella Pratiwi, S.Psi. sebagai Tim Bimbingan dan Konseling IPB. Acara talk show Mental HealthFateta 2023 dipandu oleh moderator Muhammad Rifqi yang merupakan mahasiswa aktif Fateta IPB dan merupakan Konselor Sebaya Fateta IPB. Peserta talkshow adalah mahasiswa Fateta angkatan 59. Tidak hanya itu, acara kali ini juga beragendakan pelantikan Konselor Sebaya Fateta IPB oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc.

Kelola Stres dengan Cerdas: Ini berarti bahwa seseorang harus belajar cara mengelola stres mereka dengan cara yang bijaksana dan efektif. Daripada menyerah pada stres atau merasa terbebani olehnya, seseorang dengan ketahanan mental akan mencari cara untuk mengatasi stres tersebut dengan cara yang produktif. Hal ini dapat mencakup teknik-teknik seperti berkomunikasi, olahraga, mendengarkan musik, berbicara dengan seseorang, atau merencanakan langkah-langkah konkret untuk mengatasi penyebab stres.

Konsep ini menggarisbawahi pentingnya kesadaran diri dan keterampilan emosional dalam mengelola stres. Seseorang yang memiliki ketahanan mental akan lebih mampu menjaga keseimbangan emosinya, berpikir dengan jernih, dan mengambil tindakan yang tepat dalam menghadapi situasi yang menantang. Penting untuk diingat bahwa ketahanan mental adalah sesuatu yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui latihan dan pengalaman. Ini adalah keterampilan yang sangat berharga dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan berbagai tekanan dan tantangan.

Kesimpulan:

  • Stres adalah sebagai reaksi fisik dan emosional seseorang terhadap perubahan lingkungan yang memerlukan penyesuaian. Ini bisa menghasilkan perasaan tertekan dan tegang mental.
  • Gejala Fisik dan Emosional: Stres dapat memunculkan berbagai gejala fisik seperti napas tersengal-sengal, berkeringat, sakit kepala, dan gejala emosional seperti mudah kesal, merasa sedih, atau menarik diri dari interaksi sosial.
  • Kemampuan Mengatasi Stress: Kemampuan seseorang untuk mengatasi stres, menghadapinya, dan kembali ke kondisi semula setelah mengalami tekanan adalah hal yang penting. Ini mencakup pemahaman mengenai penyebab stres dan penggunaan respon yang sehat dan positif.
  • Cara Mengatasi Stres: Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi stres, seperti membuat pelacak, mengembangkan respons yang sehat, menetapkan batasan, mengisi waktu luang, belajar cara bersantai, dan mencari dukungan sosial.
  • Perawatan Kesehatan Mental: Menjaga kesehatan mental juga penting. Ini melibatkan pengenalan, kesadaran, dan jika perlu, mencari bantuan dari konselor atau psikiater, serta tetap aktif dalam menjaga kesehatan mental.
  • Resep Healing: Sebagai panduan, resep untuk penyembuhan melibatkan komponen-komponen seperti menggunakan mekanisme koping yang sehat, menerima masa lalu, bertahan, berdamai dengan diri sendiri, mengikuti saran dari psikologi profesional, menemukan tujuan hidup, dan menjalani proses dengan kesabaran.

Related Posts

Leave a Replay

Recent Posts

Follow Us

Play Video