Lokakarya Pendidikan Penerapan Problem Based Learning, Project-Based Learning dan Case Study Dalam Matakuliah Berbasis Ilmu Dasar dan Keteknikan/Teknologi

Bogor, 30 Agustus 2023 – Fakultas Teknologi Pertanian-IPB (Fateta IPB) mengadakan Rabuan Bersama dalam rangka “Lokakarya Pendidikan Penerapan Problem Based Learning, Project-Based Learning dan Case Study Dalam Matakuliah Berbasis Ilmu Dasar dan Keteknikan/Teknologi”. Lokakarya pendidikan ini turut mengundang Prof. Dr. Yuni K. Krisnandi, S.Si., M.Sc (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia) dan Dr. Prima Dewi Purnamasari, ST, MT, MSc (Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia) bertempat di Balairung Abdul Muis Nasution dan dihadiri oleh para Dosen di lingkungan Fateta IPB.

Fateta IPB mengelola program studi jenjang sarjana yang berbasis ilmu keteknikan dan teknologi, yaitu Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknik Industri Pertanian dan Teknik Sipil dan Lingkungan. Fateta berusaha untuk menghasilkan lulusan sarjana, bukan hanya yang menguasai keilmuan dan teknologi spesifik di bidangnya, tetapi juga memiliki daya kritis dan analitis (critical and analytical thinking skills), komunikasi (communication skill), kerjasama (collaboration), dan kreativitas (creativity), pemecahan masalah (problem solving skill), sikap (attitude) dan aspek soft skill lainnya. Oleh karena itu, metode/proses pembelajaran matakuliah harus terus diperbaharui untuk dapat berkontribusi dalam pembentukan karakter lulusan yang diinginkan tersebut. Di antara metode pembelajaran yang harus dikembangkan adalah penerapan pembelajaran aktif dengan pendekatan problem-based learning, project-based learning dan/atau case study.

Tantangan yang sering dihadapi oleh dosen dalam menerapkan metode pembelajaran aktif antara lain dalam perancangan/perumusan masalah, project atau kasus pada mata kuliah ilmu dasar dan keteknikan/teknologi yang memerlukan teori dan praktek, pengelolaan kelas dengan jumlah mahasiswa yang besar, stimulasi partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran, dan penggunaan metode penilaian/asesmen yang sensitif dan tepat untuk membedakan kemampuan mahasiswa.

Prof. Dr. Yuni K. Krisnandi mengawali lokakarya dengan menyampaikan paparan mengenai prinsip dasar hingga penerapan Problem Based Leaning (PBL) yang telah dilakukan dan dilanjutkan dengan paparan Dr. Prima Dewi Purnamasari bertajuk “Penerapan Problem Based Learning, Case Method dan Project Based Learning di Fakultas Teknik”. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk saling berbagi pengalaman dan best-case practices dalam penerapan metode PBL, PjBL dan/atau Case Study.

Melalui lokakarya pendidikan ini diharapkan para dosen Fateta IPB dapat memperoleh kiat dalam mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran aktif, khususnya melalui pendekatan PBL, PjBL dan/atau Case Study pada matakuliah ilmu dasar dan teknik/teknologi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Related Posts

Leave a Replay

Recent Posts

Follow Us

Play Video