Prof. Made Astawan Hadiri Ekspor Perdana 4,8 Ton Tempe ke Jepang

Sumber: Dokumentasi Pribadi, 2021

Bogor, 18 Juni 2021 – Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB University sekaligus Ketua Forum Tempe Indonesia, Prof. Made Astawan menghadiri pelepasan 4,8 ton tempe untuk diekspor ke Jepang hasil kerjasama Rumah Tempe Azaki Bogor dengan PT Arumia Kharisma Indonesia dan Kobe Bussan., Co. Ltd. Japan.

Acara pelepasan tersebut diselenggarakan secara langsung di Penjaringan, Jakarta Utara dari lokasi gudang cold storage, Komplek Pergudangan Bosco dan disiarkan secara virtual di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan RI serta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo (Warta Ekonomi Online, 17/6).

Mengutip keterangan Prof. Made Astawan dalam siaran berita TVRI (17/6), tempe memiliki pasar yang sangat luas mengingat saat ini tempe sudah dikenal di lebih dari 27 negara di dunia. Namun, tempe selama ini hanya dikonsumsi dan diproduksi setempat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, tempe bisa di ekspor dari Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Salah satu teknologi yang memungkinkan hal tersebut adalah dengan mengolah tempe melalui proses pembekuan. Tempe dibekukan pada suhu -24o sampai -40o celcius sehingga dapat mempertahankan kualitas yang baik dan terhindar dari perubahan sifat-sifat organoeleptik (penampakan, warna, bau dan rasa) (Jurusan Teknologi Pangan dan Agroindustri – IPB, 2010).

Tempe yang dihasilkan melalui proses pembekuan dan dikirim dalam keadaan beku untuk menjaga kualitas tempe selama proses pengiriman yang memakan waktu hingga 14 hari. Lebih lanjut, Prof. Made Astawan menerangkan tempe tersebut dapat bertahan hingga satu tahun setelahnya.

Sebelumnya, berbagai sistem sertifikasi, legalitas dan uji laboratorium juga telah dilalui untuk menghasilkan tempe berkualitas layak ekspor tersebut.

Sumber:

Info Covid-19 Terkini Pukul 16.00 WIB. 2021, 17 Juni. Di Tengah Pandemi, Produksi Tempe Dorong Ekspor [Live Streaming]. Diakses dari: http://tvri.go.id/live

Redaksi WE Online. 2021, 17 Juni. Cetak Sejarah Baru FKDB Ekspor Tempe Azaki ke Jepang [Halaman web]. Diakses dari: https://www.wartaekonomi.co.id/read346350/cetak-sejarah-baru-fkdb-ekspor-tempe-azaki-ke-jepang

Jurusan Teknologi Pangan dan Agroindustri – IPB. 2010. Enzim Papain dari Pepaya, Tortilla, Bawang Goreng Kemasan, Produk Awetan Tempe, Produk Awetan Tahu. Tekno Pangan & Agroindustri, Volume 1, Nomor 11. Diakses dari: http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/27079

Related Posts

Leave a Replay

Recent Posts

Follow Us

Play Video