ko cuce minikoyuncu.org
ford 2000 tractor for sale craigslist uluslararası evden eve nakliyat gebze evden eve nakliyat

Bogor, 5 Juni 2021 – Fakultas Teknologi Pertanian IPB University menggelar Kuliah Pembekalan Fakultas Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting pada hari Sabtu, 5 Juni 2021.

Dekan Fateta, Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr membuka Kuliah Pembekalan Fakultas dengan himbauan untuk membuka diskusi seluas-luasnya terlebih mengenai hal-hal praktis dan aplikatif di masyarakat agar mahasiswa dapat memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan KKN-T Fateta. Dalam sambutan singkat tersebut, Dekan Fateta juga menyampaikan harapan agar kerjasama mahasiswa dan Komite KKN-T Fateta dapat terjalin dengan baik sehingga apabila terjadi kendala di lapang pada saat pelaksanaan dapat diatasi sedini mungkin dan kegiatan KKN-T Fateta dapat dijalankan dengan baik pula.

Berikutnya, Ketua Komite KKN-T Fateta, Dr. Yudi Chadirin, STP., M.Agr, memaparkan mengenai KKN-T 2021 yang mengusung tema Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangan Berkelanjutan (SDGs) pada Masa Pandemi Covid-19.

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Mengingat masa pandemi yang belum juga berakhir, KKN-T Domisili Kembali diterapkan untuk mengurangi mobilitas mahasiswa dan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dalam KKN-T Domisili, mahasiswa akan melaksanakan KKN-T di daerahnya masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Lebih lanjut, Ketua Komite KKN-T Fateta menyampaikan mengenai persiapan, teknis pelaksanaan serta hal-hal yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan KKN-T. Dr. Yudi Chadirin juga berpesan untuk senantiasa tepat waktu, tertib, menjaga komitmen, menghargai, dan mendampingi masyarakat saat turun lapang nantinya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Pembekalan dari masing-masing departemen. Penyampaian materi Departemen Teknik Mesin dan Biosistem dikelompokkan berdasarkan divisi yang ada. Kuliah Pembekalan Divisi Teknik Mesin dan Otomasi disampaikan oleh Dr. Ir. Sam Herodian, MS. Dilanjutkan dengan pemaparan Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, Kepala Divisi Teknik Biosistem. Kegiatan berlanjut dengan pemaparan Dr. Edy Hartulistiyoso, MScAgr, Kepala Divisi Teknik Energi Terbarukan dan diakhiri dengan Divisi Teknik Informatika Pertanian yang disampaikan oleh Dr. Ir. Mohamad Solahudin, M.Si.

Kuliah Pembekalan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan disampaikan oleh Dr. Nugraha Edhi Suyatma, STP, DEA dengan topik Prinsip Umur Simpan dan Peraturan tentang Label, kemudian dilanjutkan oleh Dr. Tjahja Muhandri, STP, MT dengan topik Teknologi Pengolahan Berbasis Teknologi.

Departemen Teknologi Industri Pertanian turut mengundang Dr. Dwi Purnomo, STP, MT, Founder The Local Enabler untuk menyampaikan Kuliah Pembekalan dengan topik Pemasaran Digital untuk UMKM di Pedesaan. Dr. Ir. Sugiarto, M.Si kemudian melanjutkan kegiatan dengan penyampaian Pengemasan untuk Peningkatan Nilai Tambah UMKM di Pedesaan. Kuliah Pembekalan Departemen TIN diakhiri dengan topik Pengendalian Mutu untuk UMKM di Pedesaan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Muslich, M.Si.

Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan menyajikan empat topik perkuliahan. Topik pertama disampaikan oleh Dr. Ir. Prastowo, M.Eng mengenai Irigasi dan Suplai Air Bersih. Topik kedua, Pengolahan Sampah dan Sanitasi Lingkungan disampaikan oleh Andik Pribadi, STP, M.Si. Pemetaan Wilayah menjadi topik ketiga dan dipaparkan oleh Sutoyo, STP, M.Si. Kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan topik keempat, Inovasi Material oleh Dr. Eng. Heriansyah Putra.