ko cuce minikoyuncu.org
ford 2000 tractor for sale craigslist uluslararası evden eve nakliyat gebze evden eve nakliyat

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Bogor, 21 April 2021 – Pada hari Rabu tanggal 21 April 2021, telah dilaksanakan acara Rabuan online Bersama Fateta yang diiringi dengan Workshop Program Based Learning (PBL) dengan narasumber Ir. Lien Herlina, MSc (Direktur Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan) dan Prof. Dr. Ir. Yulin Lestari, MS (Asisten Direktur Pengembangan Pendidikan). Acara rabuan dihadiri oleh Bapak dan Ibu Dosen Fateta. Rabuan kali ini diawali dengan pengantar dari bapak Dekan Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr mengenai Implementasi Kurikulum 2020 dan Integrasinya dengan MBKM (Merdeka Belajar: Kampus Merdeka) serta peranan Dosen Penggerak. Pengantar dari bapak Dekan mengawali diskusi mengenai dosen penggerak. Bapak Dekan menyampaikan bahwa mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk mengambil mata pelajaran di luar program studi yang dapat memperkuat kompetensi mahasiswa yang diinginkan. Peran dosen penggerak pun diharapkan nantinya dapat membantu dan membimbing mahasiswa sejak awal masuk kampus hingga lulus, sehingga harapannya dengan K-2020 dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi mahasiswa.

Acara rabuan kemudian dilanjutkan dengan workshop PBL yang diawali dengan pemaparan materi dari Ir. Lien Herlina, MSc dan dilanjutkan oleh pemaparan dari Prof. Dr. Ir. Yulin Lestari, MS.  Terdapat 8 essential elements dalam PBL. Ir. Lien Herlina menyampaikan bahwa PBL prinsip dasarnya adalah dari problem dan dalam menerapkan PBL kuncinya butuh kreativitas dan growth mindset. Hal ini dilengkapi oleh paparan dari Prof. Dr. Ir. Yulin Lestari, MS yang menyampaikan bahwa proses untuk mendapatkan pemecahan masalah menjadi sangat penting dan relevan dengan meningkatkan kapabilitas.

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021
Sumber: Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Workshop mengenai PBL ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para peserta rabuan fateta dalam menerapkan PBL dalam proses perkuliahan. Acara rabuan fateta dan workshop PBL ditutup dengan acara foto bersama.