ko cuce minikoyuncu.org
ford 2000 tractor for sale craigslist uluslararası evden eve nakliyat gebze evden eve nakliyat

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Bogor, 29 Maret 2021 – Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB University kembali mendapat kunjungan. Kali ini Fateta dikunjungi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat dalam penjajakan kemitraan strategis terkait dengan refined glucomannan, hasil olahan porang yang kaya manfaat.

 

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Ibu Indriyani, Vice Chairman of Trade Kadin Jawa Barat didampingi oleh Ketua Kadin Kabupaten Bogor, Farda Sanberra beserta tim. Hadir menyambut pihak Kadin Jabar di Ruang Sidang Fateta, Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr, Dekan Fateta, Dr. Feri Kusnandar, M.Sc, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Y. Aris Purwanto, M.Sc, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan beserta Dr.-ing Azis Boing Sitanggang. STP., M.Sc., Direktur F-Technopark.

Porang merupakan tanaman asli Indonesia dengan segudang potensi. Proses pengolahan lebih lanjut dari porang dapat menghasilkan tepung glukomanan yang dapat dimanfaatkan di berbagai industri. Glukomanan dapat diolah menjadi mi dan juga beras shirataki, alternatif karbohidrat selain nasi dengan 0 kalori.

Selain dalam industri pangan, tepung glukomanan juga dapat dimanfaatkan dalam industri perminyakan sebagai lubrikan dan dalam industri dirgantara sebagai perekat bagian pesawat.

Melihat peluang kerjasama ini, kedua belah pihak sepakat untuk segera menindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB University dengan Kadin Jawa Barat. Dengan adanya komitmen bersama ini, keduanya berharap dapat memberikan sumbangsih dalam pemanfaatan sumber daya alam hayati dari Indonesia, untuk Indonesia.