ko cuce minikoyuncu.org
ford 2000 tractor for sale craigslist uluslararası evden eve nakliyat gebze evden eve nakliyat

Sumber: Dokumentasi Fakultas Teknologi Pertanian, 2021

Bogor, 20 April 2021 – Fakultas Teknologi Pertanian IPB University menyelenggarakan Online Sharing Session bertajuk Karya Ilmiah untuk Jabatan Fungsional Dosen (20/4). Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Slamet Budijanto, M.Agr berbagi mengenai Pembelajaran Penilaian Angka Kredit Ilmiah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dilanjutkan oleh Prof. Dr. Ir. Y. Aris Purwanto, M.Sc dengan Strategi Publikasi untuk Mencapai Academic Excellence.

Disampaikan oleh Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc, salah satu komponen dalam pengurusan kenaikan jabatan fungsional adalah karya ilmiah. Terdapat dua hal yang menjadi perhatian, yakni tahap persiapan dan penilaian.

Dalam pemaparannya, Prof. Slamet menyampaikan poin-poin yang perlu diperhatikan dalam tahap penilaian. Poin pertama yang disampaikan yaitu kualitas artikel, termasuk di dalamnya kebahasaan, kedalaman materi, kecukupan dan kemutakhiran data, kesesuaian bidang ilmu pengusul dan scope jurnal, dan indikasi pelanggaran etika akademik.

Kedua, mengenai kualitas penerbit, termasuk di dalamnya indeksasi jurnal dan kesesuaian kategori kelompok karya. Poin terakhir mencakup bukti pendukung, termasuk di dalamnya URL Jurnal, URL Dokumen Artikel, URL Peer Review, URL Test Hasil Kemiripan (dengan kemiripan total < 25% dan kemiripan dari satu sumber < 3%), URL Indeksasi dan URL Korespondensi, peer review, kemudian bukti kehadiran, kelengkapan proceeding (informasi mengenai editor dan penulis) dan korespondensi untuk proceeding serta sertifikat dan deskripsi untuk HKI.

Lebih lanjut, Prof. Slamet juga menyampaikan kasus penolakan yang diantaranya disebabkan oleh ketidaklengkapan administrasi, kekeliruan URL daring karya ilmiah, kesalahan klaim kelompok karya ilmiah dan indikasi plagiasi.

Dalam tahap persiapan, Prof. Aris menyampaikan potensi permasalahan dalam publikasi antara lain kesesuaian bidang, single authorship, dan etika publikasi serta menyorot mengenai ghost author dan self-plagiarism. Untuk menyiasati potensi permasalahan yang ada, Prof. Aris kemudian memaparkan strategi publikasi antara lain dengan menyiapkan manuskrip berdasarkan data yang qualified, original dan novelty, mengikuti etika publikasi, dan memilih jurnal/conference dengan reputasi baik.

Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc berharap Online Sharing Session kali ini dapat menjadi pemantik dalam menciptakan awareness dan memberikan semangat bagi para dosen dalam pengurusan kenaikan jabatan fungsional sebagai bagian dari tanggung wajib bagi diri sendiri dan institusi.