alanya lavabo acma,alanya tikanik acma,alanya tikanik acma,
Tentang Fateta | Fakultas Teknologi Pertanian

Tentang Fateta

 

A. Sejarah

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB didirikan pada tanggal 3 Oktober 1964 di Bogor dengan nama Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian (Fatemeta). Pada awalnya, Fatemeta memiliki dua jurusan yaitu Mekanisasi Pertanian (MP) dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Pada tahun 1981, nama Fatemeta diubah menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Jurusan MP diubah menjadi Jurusan Teknik Pertanian (TEP) dan Jurusan THP dikembangkan menjadi dua jurusan yaitu Teknologi Pangan dan Gizi (TPG) dan Teknologi Industri Pertanian (TIN) sehingga jurusan di Fateta IPB menjadi tiga. Pada tahun 2003, nama jurusan diubah menjadi departemen.  Dalam rangka penataan departemen, sejak tahun 2005 IPB menetapkan perubahan nama dari Departemen TPG menjadi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP). Pada tahun 2008, Departemen TEP berkembang menjadi Departemen TEP dan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL) sehingga Fateta memiliki empat departemen.  Pada tahun 2010 nama Departemen TEP diubah menjadi Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Perubahan nama jurusan/departemen tersebut diikuti dengan perubahan nama laboratorium atau bagian dan kurikulum program studi.

Pada awalnya, kantor Fateta berpindah-pindah, setahun Fateta berkantor di Jl. Jakarta 20 Bogor, tiga tahun di Mess Putra IPB Jl. Veteran 38 Bogor, sekitar 11 tahun di Gedung Perpustakaan Pusat IPB Bogor, dan enam tahun di gedung Landhuis Dramaga. Pada tahun 1987, Fateta menempati gedung sendiri dengan luas lantai 22.000 m2 di Kampus IPB Dramaga sampai sekarang.

Fateta pernah mengasuh empat program studi diploma 3 tahun yaitu Supervisor Jaminan Mutu Pangan (mulai 1993), Manajer Alat dan Mesin Pertanian (mulai 1993), Teknisi Ahli Kontrol dan Instrumentasi (mulai 1994), dan PS Teknik Penanganan Lahan dan Air (mulai 1995).  Sejak tahun 2004 IPB melakukan restrukturisasi program diploma, sehingga seluruh program diploma di Fateta dikelola oleh Direktorat Diploma.

Saat ini, Fateta memiliki empat departemen, Teknik Mesin dan Biosistem (TMB), Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Teknologi Industri Pertanian (TIN), dan Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), dengan program studi sebagai berikut:

Program Sarjana:
  1. Teknik Pertanian dan Biosistem
  2. Ilmu dan Teknologi Pangan
  3. Teknologi Industri Pertanian
  4. Teknik Sipil dan Lingkungan
Program Magister:
  1. Teknik Mesin Pertanian dan Pangan
  2. Teknologi Pascapanen
  3. Teknik Sipil dan Lingkungan
  4. Ilmu Pangan
  5. Teknologi Industri Pertanian
Program Doktor:
  1. Ilmu Keteknikan Pertanian
  2. Ilmu Pangan
  3. Teknologi Industri Pertanian

B. Visi dan Misi

Visi

Fakultas Teknologi Pertanian (FATETA) sudah berada pada tahap kemapanan dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan di bidang kompetensinya. Kekuatan tenaga pengajar, tenaga kependidikan dan mahasiswa serta fasilitas pendidikan, kegiatan riset dan jejaring kerjasama yang luas mendorong peningkatan peran dengan tingkatan yang lebih tinggi dan lebih luas. Semua kekuatan tersebut menjadi modal yang cukup untuk menuju persaingan global di bidang teknologi pertanian tropika.

Institut Pertanian Bogor, sebagai institusi induk, telah menetapkan bahwa arah pengembangannya adalah menuju universitas riset berkarakter kewirausahaan. Oleh karena itu, FATETA dengan kekuatan yang dimiliki mendasarkan pengembangannya pada karakter kewirausahaan tersebut yang unggul dalam pelaksanaan dan cakupan riset pada taraf internasional. Dengan kompetensi inti di bidang Teknologi, Teknik, Biosistem, Industri, Pangan, Sipil dan Lingkungan ditetapkan Visi FATETA sebagai berikut:

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN BERTARAF INTERNASIONAL YANG INOVATIF, UNGGUL DALAM RISET DAN BERKARAKTER KEWIRAUSAHAAN

Taraf internasional yang dimaksudkan adalah pelaksanaan kegiatan dan mutu keluaran dapat disetarakan dengan lembaga pendidikan dan riset di bidang teknologi pertanian dan bidang yang terkait lainnya yang mendapat pengakuan dunia. Dengan pengertian ini, maka FATETA menggunakan patok tuju, selain memenuhi baku pendidikan nasional, baku mutu internasional baik melalui akreditasi maupun kerjasama pendidikan dan riset.

Unggul dalam pelaksanaan riset dimaksudkan FATETA akan melaksanakan riset yang lebih maju untuk mengantisipasi perkembangan teknologi masa depan pertanian tropika. Hal ini diarahkan untuk menghasilkan teknologi yang aplikatif, adaptif, komprehensif, dan integratif melalui kordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergi kegiatan penelitian lintas departemen dan lintas kelompok keilmuan. Sesuai dengan orientasi IPB, maka FATETA mengambil peran penting dan aktif dalam membangun ketahanan pangan dan energi, pengembangan agroindustri, dan pelestarian lingkungan.

Berkarakter kewirausahaan dimaksudkan FATETA melaksanakan kegiatan akademis secara efektif, efisien dan produktif. Hal ini dimungkinkan dengan adanya organisasi inti yang kuat, jejaring yang kuat dan keluaran yang kompetitif. Karakter ini melekat pada semua aspek dari semua komponen dan kegiatan FATETA mulai dari kurikulum, proses belajar mengajar, kegiatan penelitian, dan lulusan.

Misi  

Sejalan dengan visi tersebut, maka misi FATETA untuk pengembangan tahun 2014 – 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi strata S1, S2 dan S3 yang unggul melalui jalur akademik dan profesional di bidang teknologi pertanian yang didukung sarana dan prasarana yang handal serta kurikulum yang efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang berdayasaing internasional berkarakter kewirausahaan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan dalam bidang Teknik Mesin dan Biosistem, Teknologi Pangan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Sipil dan Lingkungan untuk pengembangan IPTEKS yang bermanfaat bagi masyarakat agraris dan bahari.
  3. Melakukan layanan masyarakat yang mengedepankan inovasi IPTEKS dan berkarakter kewirausahaan dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dan kelestarian sumberdaya alam.
  4. Memperkuat sistem manajemen dan penadbiran fakultas yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

 

C. Tujuan

Sesuai Visi dan Misi FATETA IPB, maka disusun berbagai program yang bertujuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang unggul di bidangnya yang mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEKS, berdayasaing tinggi dalam skala nasional dan internasional dan berkarakter Indonesia.
  2. Menghasilkan IPTEKS inovatif dan aplikatif yang ramah lingkungan untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan, pengembangan agroindustri, ketahanan energi dan pelestarian lingkungan.
  3. Menjadikan FATETA sebagai trend setter penghasil dan aplikasi inovasi IPTEKS dengan karakter kewirausahaan dan tetap mempertahankan nilai-nilai dinamis bangsa dan kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan.
  4. Menjadikan sistem manajemen FATETA yang efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan siap berkompetisi dan bersinergi secara nasional dan global.

 

D. Kebijakan Mutu

1. Memonitor penerapan Sistem Manajemen Mutu serta memperbaikinya secara berkesinambungan,
2. Melaksanakan internasionalisasi standar mutu penyelenggaraan akademik dan riset,
3. Meningkatkan kualitas input dan proses akademik dan non akademik,
4. Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
5. Meningkatkan jumlah publikasi, sitasi dan teknologi aplikasi,
6. Tertib dan akuntabel dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan dan pengajaran di setiap Departemen dan Fakultas,
7. Menyediakan dan melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan administrasi yang efektif,
8. Mengkomunikasikan kebijakan mutu ini kepada para pendidik dan tenaga kependidikan,

Kebijakan ini akan selalu ditinjau dan dievaluasi sesuai dinamika perkembangan proses pendidikan dan pengajaran.

 

E. Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI UNSUR FAKULTAS

Unsur fakultas Tugas pokok
Senat Memberikan pertimbangan dalam kebijakan fakultas.
Dekan Mengkoordinasikan kegiatan tridharma dan menjalankan fungsi koordinasi serta penjaminan mutu di tingkat fakultas.
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Membantu tugas Dekan dalam mengkoordinasikan kegiatan akademik dan kemahasiswaan, menjalankan fungsi koordinasi serta penjaminan mutu di tingkat fakultas.
Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan Membantu tugas Dekan dalam mengkoordinasikan manajemen sumberdaya, kegiatan kerjasama dan pengembangan.
Ketua Departemen Bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan tridharma di tingkat departemen.
Sekretaris Departemen Membantu tugas Ketua Departemen dalam pelaksanaan kegiatan tridharma di tingkat departemen.
F-Technopark Mengelola pilot plant dan workshop, memfasilitasi kegiatan penelitian dan praktikum mahasiswa, melaksanakan kerjasama dan pelatihan.
PITP Mengelola sumberdaya informasi termasuk perpustakaan fakultas.
Bagian Mengembangkan keilmuan spesifik dalam departemen.
Komisi/PIC Melaksanakan tugas tertentu dalam departemen.

F. Program Kerja Fakultas

PROGRAM KERJA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Komponen Rencana Strategis Rencana Operasional Sasaran Kinerja Indikator Kinerja Kunci Indikator Kunci
Pendidikan Penguatan pembelajaran berbantuan multi-platform (multi-platform aided learning) dan e-learning berwawasan nasional dan internasional. Pengembangan perkuliahan berbasis web, multimedia dan teaching farm Meningkatkan akses pembelajaran bagi mahasiswa Jumlah mata kuliah yang berbasis web, multimedia dan teaching farm Jumlah mata kuliah yang berbasis LMS
Jumlah mata kuliah yang berbasis web dan multimedia
Jumlah mata kuliah yang memanfaatkan fasilitas Technopark
Pengembangan dan penguatan pendidikan internasional dan e-learning Meningkatkan kuliah kelas internasional Jumlah mata kuliah untuk kelas internasional Jumlah mata kuliah untuk kelas internasional
Jumlah mahasiswa kelas internasional
jumlah mahasiswa asing
Penguataan relevansi dan substansi kurikulum Kuliah yang memenuhi standar nasional dan internasional Meningkatkan standarisasi prosedur dan penjaminan mutu pengelolaan pendidikan Jumlah  program studi sarjana terakreditasi internasional Persentase program studi sarjana terakreditasi internasional
Jumlah  program studi  terakreditasi  nasional minimal B Persentase program studi sarjana terakreditasi nasional dengan predikat minimal B
Persentase  program studi sarjana terakreditasi nasional dengan predikat A
Persentase program studi magister terakreditasi nasional dengan predikat A
Persentase program studi doktor terakreditasi nasional dengan predikat A
Kuliah berbasis komptensi Kurikulum berbasis kompetensi Ketercapaian Learning Outcome (LO) yang setara dengan ukuran lavelling dalam KKNI Persentase lulusan program sarjana dengan IPK > 3.00
Persentase lulusan program magister dengan IPK > 3.50
Persentase lulusan program doktor dengan IPK > 3.75
Persentase ketercapaian Learning Outcome (LO) mata kuliah dalam mendung Expected Learning
Penguatan TI untuk pendidikan Penguatan sistem informasi manajemen dan keterandalan Web ranking (Webomatric) Persentase kelengapan konten web unit
Frekuensi pemutakhiran web unit kerja (kali/bulan)
Layanan jaringan (LAN dan internet) Jumlah client yang tersambung
Sistem e-galeri riset Banyaknya hasil riset yang dipublish
Banyaknya kunjungan ke halaman galeri
Sistem repository Fateta Banyaknya dokumen yang  bisa di akses bersama di lingkungan Fateta
Pengembangan SDM tenaga pendidik (dosen) dan kependidikan. Peningkatan mutu SDM tenaga pendidik (dosen) dan kependidikan. Penguatan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan Jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang mendapatkan penghargaan Jumlah dosen yang menjadi ketua atau anggota komite pada level internasional
jumlah penghargaan internasional yang diperoleh dosen
jumlah penghargaan nasional yang diperoleh dosen dan tenaga kependidikan
Persentase dosen dengan jabatan akademik tertinggi persentase dosen dengan jabatan akademik guru besar
Rata-rata jumlah sks pendidikan dosen per tahun
Jumlah tendik yang mengikuti pelatihan komptensi Jumlah tendik yang sudah mengikuti pelatihan internasional
Jumlah tendik yang sudah mengikuti pelatihan nasional
Jumlah tendik yang sudah mengikuti pelatihan  internal
Penguatan keunggulan akademik Peningkatan mutu input mahasiswa dan lulusan Mutu input mahasiswa Indeks rasio pelamar sarjana dan pasca sarjana Jumlah pelamar program sarjana per orang mahasiswa yang diterima (orang)
Jumlah pelamar program magister per orang mahasiswa yang diterima (orang)
Jumlah pelamar program doktor  per orang mahasiswa yang diterima (orang)
Mutu lulusan Jumlah lulusan tepat waktu Persentase jumlah lulusan sarjana tepat waktu
Persentase jumlah lulusan magister tepat waktu
Persentase jumlah lulusan doktor  tepat waktu
Masa tunggu kerja lulusan program sarjana dan kesesuaian bidang kerja Persentase masa tunggu kerja lulusan program sarjana < 3 bulan
Persentase kesesuaian bidang pekerjaan lulusan program sarjana
Peningkatan peran dan citra civitas akademika Peningkatan mobilitas civitas akademika Jumlah  mobilitas dosen dan mahasiswa : (a) keluar negeri (outbound) (b) dari luar negeri ke Fateta (Inbound) Jumlah  mobilitas outbound dosen  ke luar negeri (orang kali)
Jumlah  mobilitas outbound dosen  di dalam negeri
Jumlah  mobilitas outbound mahasiswa ke luar negeri
Jumlah  mobilitas outbound mahasiswa  di dalam negeri
Jumlah  mobilitas inbound dosen luar negeri ke Fateta
Jumlah  mobilitas inbound  mahasiswa luar negeri ke Fateta
Peningkatan keterlibatan civitas akademika dalam organisasi profesi Persentase dosen yang menjadi anggota organisasi profesi Jumlah dosen yang menjadi anggota organisasi profesi intenasional
Jumlah dosen yang menjadi anggota organisasi profesi nasional
Persentase dosen yang mengikuti kegiatan organisasi profesi Jumlah dosen yang mengikuti kegiatan organisasi profesi internasional
Jumlah  dosen yang mengikuti kegiatan organisasi profesi nasional
Jumlah  dosen yang aktif dalam asosiasi/organisasi profesi internasional atau nasional sekurang-kurangnya 2 aktifitas per tahun
Peningkatan jumlah dosen yang menjadi tenaga ahli atau staf khusus yang diperbantukan Persentase dosen yang menjadi tenaga ahli atau staf khusus yang diperbantukan Jumlah dosen yang menjadi tenaga ahli atau staf khusus yang diperbantukan internasional
Jumlah dosen yang menjadi tenaga ahli atau staf khusus yang diperbantukan nasional
Penajaman rumpun ilmu di Fateta Pengembangan unit keilmuan Meningkatkan relevansi dan spesialisasi keilmuwan Pengurangan tumpang tindih keilmuwan Jumlah unit kelimuawan yang tumpang tindih
Penelitian Pengembangan penelitian terpadu untuk menghasilkan teknologi siap terap dalam pemanfaatan dan eksplorasi hasil pertanian Peningkatan mutu penelitian Meningkatkan jumlah publikasi Rasio artikel pada jurnal internasional per peneliti Jumlah artikel pada jurnal internasional bereputasi
Jumlah artikel pada jurnal internasional
Rasio artikel pada jurnal nasional per peneliti Jumlah artikel pada jurnal nasional  terakreditasi DIKTI
Jumlah artikel  pada jurnal nasional
Peningkatan jumlah invensi dan inovasi Rasio invensi/inovasi per peneliti Jumlah invensi/inovasi yang mendapatkan penghargaan internasional
Jumlah invensi/inovasi yang mendapatkan penghargaan nasional
Rasio paten  (granted) per peneliti Jumlah paten internasional
Jumlah paten nasional
Jumlah paten yang sudah di komersialkan
Jumlah Paten yang didaftarkan Jumlah Paten yang didaftarkan internasional
Jumlah Paten yang didaftarkan nasional
Jumlah riset kolaboratif (minimal lintas departemen) Jumlah penelitian yang dilakukan peneliti multi disiplin
Peningkatan jumlah teaching farm model Jumlah teaching farm model Jumlah teaching farm model
Pengabdian kepada Masyarakat Pengembangan cyber extension untuk edukasi dan diseminasi pada masyarakat luas seperti pengusaha agrorindustri, praktisi, dan petani. Diseminasi hasil penelitian dan kepakaran Peningkatan jumlah civitas akademika dalam disemenasi hasil penelitian dan kepakaran Persentase  civitas akademika yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat Jumlah dosen yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat
Jumlah mahasiswa  yang mendapatkan hibah pengabdian masyarakat
Persentase civitas akademika  yang memberikan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan Jumlah dosen yang memberikan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan
Jumlah mahasiswa  yang memberikan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan
Kerjasama Memperkuat dan memperluas kemitraan dengan berbagai pihak, baik luar maupun stakeholders. Penguatan kemitraan Mengembangkan knowledged partnership Persentase MoU yang terealisasi Jumlah kegiatan kerjasama internasional pada tahun berjalan (MoA)
Jumlah kegiatan kerjasama nasional pada tahun berjalan (MoA)
Persentase kerjasama non MoU Jumlah  kerjasama luar negeri pada tahun berjalan
Jumlah  kerjasama dalam negeri pada tahun berjalan
Kemahasiswaan Pengembangan profesi dan kesejahteraan mahasiswa Optimalisasi pembinaan minat bakat dan penalaran mahasiswa Peningkatan pembinaan minat bakat dan penalaran mahasiswa Persentase mahasiswa yang mengikuti  kegiatan kompetitif  dan pengembangan diri Jumlah mahasiswa yang mendapatkan hibah PKM
Jumlah mahasiswa yang lolos Pimnas
Jumlah mahasiswa yang  menjadi mawapres
Jumlah mahasiswa yang mengikuti  kegiatan kompetisi internasional
Jumlah mahasiswa yang mengikuti  kegiatan kompetisi nasional non Pimnas
Jumlah mahasiswa program sarjana yang mengikuti kegiatan kepemimpinan dan manajerial
Persentase mahasiswa yang ikut pembinaan profesi Jumlah mahasiswa yang ikut pembinaan profesi oleh ALUMNI
Jumlah mahasiswa yang ikut pembinaan program sertifikasi dari lembaga profesi atau lembaga lainnya
Optimalisasi kesejahteraan mahasiswa melalui program beasiswa IPB dan Yayasan Alumni Fateta Peningkatan kesejahteraan mahasiswa Persentase mahasiswa yang mendapat beasiswa Jumlah mahasiswa yang mendapat beasiswa
Persentase keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kewirausahaan Jumlah kegiatan  kewirausahaan
Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kewirausahaan
Kelembagaan dan Lingkungan Pengembangan fasilitas pendidikan multi-guna dan bagi-guna. Meningkatkan kapasitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat Pendayagunaan pusat-pusat riset dan lapangan percobaan untuk mendukung pengembangan pendidikan dan penelitian untuk kepentingan bersama Persentase jumlah lembaga  yang bekerjasama Jumlah lembaga di  IPB  yang bekerjasama
Jumlah lembaga nasional  yang bekerjasama
Jumlah lembaga internasional  yang bekerjasama
Pengembangan sarana pendidikan dan penelitian Persentase biaya peralatan yang  dapat direalisasi Jumlah biaya dari IPB yang  terealisir
Jumlah biaya dari non  IPB yang dapat dihimpun
Peningkatan akses pustaka yang up to date Jumlah e-pustaka Jumlah e-jurnal
Jumlah buku  e-book
Pengembangan fasilitas untuk meningkatkan atmosfer akademik Meningkatkan kenyamanan dan keamanan kampus Mengurangi keluhan dari stake holder terhadap kenyamanan dan keamanan kampus Jumlah keluhan terhadap kenyamanan dan keamanan kampus skor kepuasan terhadap kebersihan  kampus
skor kepuasan terhadap  keamanan kampus
skor kepuasan terhadap  kenyamanan ruang kelas
Jumlah tempat sampah yang tersedia
Pengembangan Prosedur Operasional Baku dan sertifikasi ISO Meningkatkan jumlah POB dan mendapatkan akreditasi ISO Meningkatnya jumlah POB yang tersedia dan mendapatkan akreditasi ISO Jumlah POB kegiatan akademik, sarana prasarana, SDM, keuangan dan kerjasama Jumlah POB kegiatan akademik
Jumlah POB sarana dan prasarana
Jumlah POB SDM
Jumlah POB keuangan
Jumlah POB kegiatan kerjasama
Jumlah Akreditasi ISO Akreditasi ISO layanan akademik
Akreditasi ISO layanan administrasi