alanya lavabo acma,alanya tikanik acma,alanya tikanik acma,
Kehidupan Kampus | Fakultas Teknologi Pertanian
Select Page

Kehidupan Kampus

[rad_page_section id=’rpsG7M7N4XAJQXIS4IAOYF14CC1G7LBSVP9′ first=’true’ last=’true’ section_name=’Section’ v_padding=” classes=” visibility=’None’ background_opts=” background_color=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ video_url=” border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_container id=’rpcUO932UJ68SJO10SY0LXBCNY4B7UTT02H’ layout=’full’ first=’true’ last=’true’ top=’true’ classes=” visibility=’None’ float=’left’ background_opts=” background_color=” background_opacity=” background_image=” background_position=” background_cover=” background_repeat=” background_attachment=” background_gradient_dir=” start_gr=” end_gr=’#eeeeee’ border_top_width=’0′ border_top_color=” border_top_type=” border_bottom_width=’0′ border_bottom_color=” border_bottom_type=” ][rad_page_widget id=’rpwVB5HCT17AC8VXC83PAQ5T2NQ56RY6DJ2′ type=’rad_accordion_widget’ last=’true’ top=’true’ type=’rad_accordion_widget’ text_title=’Title’ clear_float=’no’ rich_key=’rad_tab’ title_asecbg=” title_asecc=” title_defsebgc=” title_degsecv=” rich_key=’rad_tab’ type=’rad_accordion_widget’ id=’rpwVB5HCT17AC8VXC83PAQ5T2NQ56RY6DJ2′ ][ioa_mod][inp]tab_title[ioas]Akomodai Umum Pilihan Mahasiswa[ioas][inp]tab_color[ioas][ioas][inp]tab_bgcolor[ioas][ioas][inp]tab_text[ioas]Mahasiswa IPB yang menempuh studi di kampus IPB Dramaga banyak berasal dari berbagai wilayah. Mahasiswa yang merantau ke Dramaga, Bogor mempunyai beberapa pilihan akomodasi sebagai temoat tinggal dengan harga yang terjangkau antara lain adalah :

• Kost
Tersedia banyak pilihan kost di wilayah Dramaga Bogor, antara lain di daerah Babakan Tengah, Babakan Lebak, Babakan Lio, Babakan raya, Perwira, Cibanteng, dll. Biaya sewa yang ditawarkan biasanya dilakukan untuk pertahun, namun ada juga yang menggunakan sistem sewa per bulan atau per hari. Biaya sewa untuk pertahun berkisar antara Rp 1.500.000 – Rp 6.000.000. Kisaran harga untuk sewa perbulan antara Rp 250.000 – Rp 600.000. Biaya yang ditawarkan bergantung pada fasilitas kamar dan posisi dari kampus. Biaya tersebut dapat sudah termasuk biaya listrik dan air, tergantung kepada kesepakatan awal kost tersebut. Ada juga beberapa kostan yang menyediakan fasilitas WiFi.

• Rumah Kontrak (Kontrakan)
Selain kostan, tidak sedikit juga mahasiswa IPB yang lebih memilih untuk menyewa rumah secara berkelompok sebagai tempat tinggal. Hal ini dapat didasari karena biawa sewa yang ditawarkan untuk menyewa rumah dapat lebih murah daripada kost. Biawa sewa yang ditawarkan berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000 per tahun. Untuk penyewaan rumah, biasanya listrik dan air dibayar langsung oleh mahasiswa yang mengontrak.
• Asrama
Mahasiswa baru S1 IPB memang diwajibkan untuk tinggal di asrama selama satu tahun. Mahasiswa yang masih berada di tingkat I disebut sebagai PPKU (Program Persiapan Kompetensi Umum). Asrama yang disediakan oleh kampus IPB sebanyak sembilan (9) gedung, empat (4) gedung untuk Asrama Putra, dan lima (5) gedung untuk Asrama Putri. Lokasi perkuliahan PPKU berada di gedung Common Class Room (CCR) yang berada dekat dengan Asrama. Setelah masuk di tingkat II mahasiswa tidak lagi tinggal di asrama yang disediakan oleh IPB. Untuk beberapa mahasiswa yang berasal dari daerah, terdapat Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) yang mengelola asrama-asrama yang umumnya tidak dikenakan biaya (hanya dikenakan biaya pengelolaan asrama). Informasi selengkapnya mengenai asrama Organisasi Mahasiswa Daerah dapat ditanyakan lebih lanjut ke ketua organisasi mahasiswa daerah masing-masing.
[ioas][ioa_mod][inp]tab_title[ioas]Biaya dan Tempat Makan[ioas][inp]tab_color[ioas][ioas][inp]tab_bgcolor[ioas][ioas][inp]tab_text[ioas]Harga yang ditawarkan di kampus IPB Dramaga termasuk murah dan terjangkau untuk kantong mahasiswa. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 3.000 – Rp 20.000. Tempat yang biasanya dijadikan pusat untuk membeli makanan adalah Bara (Babakan Raya). Namun, disetiap daerah seperti Babakan Tengah (Bateng), Babakan Lio (Balio), Perwira, dan Cibanteng juga mempunyai tempat pembelian makanan dengan menu yang terbilang lengkap. Berbagai macam makanan tersedia di daerah kampus IPB Dramaga, telah banyak juga tempat makan yang menyediakan jasa pesan antar. Untuk di dalam kampus IPB, umumnya setiap Fakultas memiliki kantinnya tersendiri. Di Fakultas Teknologi Pertanian terdapat kantin Sapta Dharma yang menyediakan berbagai macam makanan seperti nasi goreng, soto, pecel, mie ayam, ayam bakar, omelet, nasi padang, dan berbagai macam lainnya dengan harga yang relatif murah.[ioas][ioa_mod][inp]tab_title[ioas]Fasilitas Internet[ioas][inp]tab_color[ioas][ioas][inp]tab_bgcolor[ioas][ioas][inp]tab_text[ioas]Kampus IPB Dramaga dilengkapi oleh fasilitas WiFi yang dapat diakses oleh semua mahasiswa dengan menggunakan username dan password yang telah diperoleh oleh mahasiswa saat pendaftaran ulang mahasiswa baru. Hampir semua tempat di kampus telah dilengkapi dengan fasilitas ini, termasuk di setiap Asrama IPB. Untuk di Fakultas teknologi Pertanian, terdapat lebih dari 25 jaringan WiFi yang dapat digunakan tanpa username dan password mahasiswa, namun beberapa membutuhkan password WiFi tersebut untuk dapat menaksesnya. Pada umumnya, di beberapa tempat WiFi akan nonaktif pada pukul 21.00 WIB dan aktif kembali pada pukul 06.30 WIB, dan ada yang dapat diakses selama 24 jam. Warung Internet (Warnet) juga banyak tersedia disekitaran kampus IPB Dramaga.[ioas][ioa_mod][inp]tab_title[ioas]Jasa Laundry[ioas][inp]tab_color[ioas][ioas][inp]tab_bgcolor[ioas][ioas][inp]tab_text[ioas]Bagi mahasiswa yang mempunyai berbagai kesibukan di kampus, biasanya menghadapi masalah dengan waktu yang dibutuhkannya untuk mencuci baju atau sepatu dan peralatan lainnya. Selain itu, ada juga beberapa kostan yang tidak memiliki ruang mencuci yang cukup untuk mencuci baju sendiri. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, banyak tersedia jasa pencucian baju (Laundry), sepatu, dll dengan kisaran harga Rp 3.000 – Rp 5.000 per kg. Selain laundry kiloan, terdapat jasa Bicu (Bibi Cuci) yang menawarkan jasa pencucian baju dengan biaya perbulan kisaran Rp 50.000 – Rp 70.000 perbulan. Ketentuan yang belaku adalah mencuci maksimal empat lembar baju per hari.[ioas][/rad_page_widget][/rad_page_container][/rad_page_section]